Langsung ke konten utama

Seleksi BPAP


            Walaupun agak sedikit terlambat untuk menceritakan kegiatan yang saya ikuti pada tanggal 27 Februari kemarin, tapi tidak masalah karena kemarin-kemarin saya sendiri masih sibuk bergelut dengan setumpuk tugas dari pihak kampus utama STP SAHID. Baru lah sekarang saya punya waktu untuk bisa menuliskan kegiatan tersebut.
            Pada tanggal 27 Februari saya mengikuti seleksi BPAP ( Bakti Pemuda Antar Provinsi). Tapi bukan hanya untuk BPAP saja, seleksi pada hari itu sekaligus untuk peserta yang mengikuti seleksi program PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) dan KPN ( Kapal Pemuda Nusantara).
            Dimulai ketika hari senin, tanggal 26 Februari ketika pulang dari observasi dari Hotel Le Dian Serang untuk bahan laporan tugas akhir program D1 Perhotelan yang saya ikuti di STP SAHID. Tapi pada kesempatan ini saya tidak akan bercerita tentang STP SAHID maupun observasi yang saya lakukan di Le Dian Hotel. Setelah pulang dari observasi saya menyempatkan untuk mampir ke Ghibrant (tempat kursus b.inggris saya) ,dari Ghibrant lah saya tau info kalau akan diadakan seleksi untuk PPAN dalam waktu dekat dan pak Ann sendiri yang memberitahukannya. Kemudian malam harinya saya langsung menghubungi teman saya yang memang dia alumni dari seleksi tersebut tahun lalu sekaligus salah satu peserta yang lolos untuk program PPAN. Dari sms yang saya terima ternyata pendaftaran terakhir yaitu esok harinya , karena seleksi akan diadakan pada hari Rabu nya. Sedikit kaget sih ketika tahu kalau ingin mengikuti seleksi maka waktu yang tersisa untuk persiapan tinggal satu hari lagi itupun ditambah dengan proses pendaftaran. Tapi akhirnya sayapun memutuskan untuk mendaftar pada keesokan harinya.
            Proses pendaftaran agak sedikit ribet, karena saya tidak tahu apa saja persyaratan yang harus dibwa untuk mendaftar. Dan saya pun tidak bisa mengikuti seleksi untuk PPAN karena harus ada sertifikat TOEFL, jadinya saya mengikuti seleksi untuk BPAP, karena untuk KPN pun salah satu syarat nya harus bisa berenang. Saya sendiri untuk berenang tidak terlalu mahir, hanya bisa gaya kupu-kupu saja, itu pun tidak bisa dalam waktu yang lama ketika berenang. Ketika mendaftar saya pun sempat bolak-balik ke maja untuk membeli map merah dan materai. Setelah selesai proses pendaftaran selesai langsung pergi ke Ghibrant untuk memberitahukan ke pak Ann. Sekalian pergi ke pasar Pandeglang untuk mempersiapkan materi dan alat serta bahan untuk keterampilan.
            Ketika hari H, jam 7 berangkat dari rumah. Karena acara akan dimulai jam 8.30. Tapi seperti biasa , yang namanya ngaret pasti ada saja, akhirnya acara pembukaan baru dimulai jam 9. Lumayan cukup memakan waktu untuk sebuah acara pembukaan. Setelah pembukaan selesai, jam 11 langsung dimulai untuk tes tertulis . Tes tulis ini berjumlah 100 soal dan diberi waktu selama 1 jam .Lumayan cukup susah untuk tes tulis ini, karena hampir semua soal berisi tentang issue yang terupdate, baik dari dunia pariwisata, politik, entertaintment, sosbud, dan pengetahuan umum. Tes berikut nya dalam waktu 10 menit diberikan waktu untuk psikotes. Tugasnya yaitu menggambar orang, terserah dalam bentuk apapun yang penting temanya adalah orang. Akhirnya tes bagian pertama selesai jam 12.30 untuk tes tulis dan psikotes.
            Tes bagian kedua kami dibagi dalam bentuk kelompok , kelompok saya sendiri beranggotakan 6 orang. Anggotanya saya sendiri, Bang Abda, Bang Dedi, Bang Endang, Bang Hary, dan Teh Novi. Ini dia yang saya tunggu sebenarnya, mendapatkan banyak teman baru. Untuk mereka sendiri orang nya asik-asik. Tes dibagi dalam beberapa kategori, untuk pos pertama kami mendapatkan tes seni budaya dan pariwisata, pos 2 kepemimpinan, pos 3 bahasa Inggris, pos 4 sosial, politik, dan pengetahuan umum, pos 5 psikologi dan kepribadian, dan pos terakhir keterampilan dan kesenian. Untuk pos 2 saya bersama bang Abda ketika di interview, dan untuk pos 3 bahasa inggris saya bersama bang Hary, sedangkan pos keterampilan bersama bang Dedi walaupun tidak berbarengan ketika mempertunjukkan keterampilan masing-masing. Untuk pos pertama kami masih belum banyak berkomunikasi, mulai dari pos 2 dan seterusnya barulah kami semakin dekat dan lebih banyak sharing dan berbagi pengalaman.
            Seleksinya berakhir sekitar jam 9 malam. Karena Bang endang orang nya baik, akhirnya sayapun diberikan tumpangan, dan lebih baiknya lagi diberikan izin untuk menginap gratis di rumahnya. Secara kan kalau sudah malam tidak ada angkot. Kalaupun misalnya naik ojek , ongkosnya lumayan mahal. Akhirnya mau tidak mau, tawaran bang Endang di terima dengan sepenuh hati.
Itulah sedikit cerita tentang pengalaman yang cukup menyenangkan ketika mengikuti seleksi BPAP di Dispora pada tanggal 27 Februari 2013.
            Satu lagi peristiwa yang telah menorehkan goresan kenangan ke dalam memori dan cerita kehidupan saya.
            Semoga suatu saat nanti saya bisa menceritakan semua kenangan saya kepada orang lain, dan menjadi seseorang yang bisa menginspirasi kehidupan orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kAta G4L4XTERzZ Ane nTu orAng'y.......

+ piNtEr FisikA, LincaH, SukA danGduT, lArinyA cepet, pAling hebOh (dulU mAh)... - lebAi, cengenG (duLu mAh), sukA cerewEt nDiri, lebai, jAyuZ, kLO nge-drOp jAdi dieM... + jAgo fisikA, jAgo dangduT, daN metropolis deh,... - jAyuz, mAksa, lebAi kLo sediH... +bAiK, carE Ama temeN, jAyuz, sukA nyApa temeN,lUcu... - kdG exaggEratE, gAx jelAs, perasa... +   jAgO fisikA, rAmaH, carE Ama temEn, tAu sikOn, lucu, teteP jAdi QQ yAng Ana kenAl... - AbstRaK, gAx jelAs, lebAi... +Lu mAyan bisA jAdi pemimpiN yANg bAiK, suAra'y bAgUs juGA... - cepEt emosiAn, sukA gAx jelAs ceritA'y... +PeduLi, Ana salUt Anta biSa mAsaK, jAgO fisikA... - klo ngAmbeK...sereM jugA, ceroBoh (contOh : di kliNik) +pInter fIsikA... - gAmpAng tersungginG...eh...tersingguNg, cereWeT... + lUcu, rAme, jAyuz, serU, terbukA, pintEr fisikA... - kLo lG BT keciri bAnget, kurAng berambisI/berusaha u/ mEncapai tArgeT, hArus lebiH tegAs +bijAk lAgi yAh...siip...! + rAjA dAngdUt, sUpeL, rAmaH, ceriA... - cereWeT, jAyuz, lebAi bA

Pusing-pusing

23 Maret 2013 Hari ini schedule kita, pertama kumpul bareng bang ALIF, say hello dan ngobrol tentang training , tapi tak banyak yang di bahas. Dan yang kedua adalah jalan-jalan bareng bang ALIF sekaligus untuk beli peralatan yang masih dibutuhkan, khususnya tukar uang dan sim card . Kita jalan-jalan ke dua mall , saya lupa ama mall nya apa , tapi yang pasti dekat dengan   Shah Alam Convention Center. Disana kita beli sim card dan voucher pulsa. Untuk sim card kita beli Xpax yang masih satu grup dengan XL yaitu grup dari Axiata, yang sedikit mengagetkan saya adalah harganya yaitu RM8.5 jika di rupiahkan sekitar Rp. 27.200,- .Dan voucher pulsa yang paling murah adalah RM10 jika di rupiahkan sekitar Rp.32.000,- .Setelah itu kita pergi ke kedai   makanan, tapi kita semua cuma pesan minuman saja. Seingat saya, 3 orang pesan orange juice, 5 orang pesan kelapa muda, dan bang ALIF pesan semacam ice choco. Dan ternyata semua minuman kita di bayarin oleh bang ALIF (baik juga yah), setau s

Selamat Rizky Bachrudin S.I.Kom

Kamis 27 Agustus 2014, ya hari ini merupakan hari wisuda salah satu sahabat SMA saya. Rizky Bachrudin S.I.Kom Selamat untuk Rizky Bachrudin yang di wisuda hari ini untuk jenjang strata satu nya, dan berhak menyandang gelar sarjana . Rizky Bachrudin S.I.Kom , penambahan gelar telah disandangkan dibelakang nama nya. ( Photoshoot di Jonas Photo Studio Ciwalk ) Beberapa sahabat yang lainnya yang datang ke hari yang bersejarah untuk obe ini selain saya adalah : alip, alpi, panjul, hapji, ipong, haroki, riri, amie, aisyah, septi, rina, tresna, dan shani. Sebelumnya obe mengundang untuk acara photoshoot di Jonas Photo Studio di Ciwalk (Cihampelas Wak).  Dimana obe dan keluarganya serta kita sahabat-sahabat nya melakukan seksi foto-foto untuk kenangan kita semua. Foto-foto dilakukan sebelum obe pergi ke Unpad yang ada di DU untuk di wsuda. Setelah itu, barulah obe pergi untuk melakukan prosesi wisudanya. Sedangkan kita menyusul siangnya , yang akan memanfaatkan waktu di