Langsung ke konten utama

Dengan Alifa Farhan di Twin Tower Kuala Lumpur

Sabtu, 22th June 2013

Akhirnya hari ini bisa ketemu juga dengan teman SMA si Alifa Farhan, yang hebatnya lagi ketemuannya di Kualalumpur, sungguh tak menyangka bisa ketemu di negeri orang. Sebenernya rencana untuk ketemuan sudah sejak beberapa bulan yang lalu, mulai dari pas aku baru datang ke malaysia pun, Karena Alif sudah duluan ada di Malaysia tepatnya di Melaka, Sedangkan aku sendiri dapat tempat magang di Shah Alam di daerah Selangor.
Sengaja sebelum ketemuan dengan Alif aku sudah mempersiapkan beberapa pertanyaan yang memang merupakan beberapa masalah aku, karena aku tahu sendiri Alif  salah satu temen aku yang memang dia memiliki semangat yang tinggi dan dapat memotivasi diri sendiri dan orang lain, selain itu dia juga lebih dewasa dan mempunyai pandangan jauh untuk masa depannya.
Sebenarnya hampir semua teman SMA aku seperti Alif, tapi Alif lah yang menurut aku palig best untuk masalah ini, so inilah beberapa hasil diskusi dengan Alif , walaupun hanya sebentar saja kita mengobrol tapi banyak yang bisa aku dapatkan daripadanya.

# Pertanyaan aku mulai dari bagaimana untuk bisa tetap menjaga semangat dalam belajar, karena aku sadar sometimes aku semangat tapi sometimes aku males banget untuk belajar, nah waktu  males ya itu loh yang lebih banyak daripada waktu semangat nya, dan ada beberapa advices dari Alif untuk masalah yag satu ini.

- Rizky, ada dua pertanyaan sebelum saya menjawab persoalan kamu tentang bagaimana untuk bisa menjaga  semangat dalam belajar.
1. Apa sih sebenarnya tujuan kita untuk kuliah ( belajar ) ?
Dari survei dengan kawan2 nya Alif, banyak berbagai jawaban yang di dapat, ada yang bertujuan untuk mencari ilmu, untuk mencari pekerjaan, untuk mencari gelar, bahkan ada yang tidak tau tujuan dia kuiah itu untuk apa ..
Kesimpulannya, untuk pertanyaan yang pertama ini tujuan daripada belajar merupakan tujuan yang personal, artinya semua orang pasti berbeda dalam tujuaanya, disini tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah, bahkan semua jawaban adalah benar bagi tujuan nya belajar untuk dirinya sendiri.

2. Kemudian setelah kita tahu apa tujuan kita untuk belajar, pertayaan selanjutnya adalah apa yang bisa membuat kita semangat untuk mencapai tujuan kita belajar ?
Disinilah hampir semua orang tidak sadar, termasuk aku sendiri yang bisa membuat tetap semangat dalam belajar yang pada akhirnya bisa mencapai tujuan.
Dan ini pula lah yang menjadi PR aku untuk bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan yang kedua ini. Karena sampai sekarang pun aku mmasih belum mengetahui "sesuatu" yang bisa memberikan semangat yang konsisten khususnya dalam belajar .

# Pertanyaan selanjutnya adalah tentang bagaimana untuk menutupi kelemahan aku yaitu dalam menjaga emosi, karena untuk saat ini aku sendiri masih belum pandai untuk mengontrol emosi, contohnya ketika ada masalah dengan satu teman, maka yang aku bakal rasa akan bad mood ke semua teman-teman bahkan lebih parahnya lagi kalau sampai menurunkan semangat belajar dan tidak fokus dalam pekerjaan.

- Rizky setiap orang itu pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan, dan untuk itu tergantung masing-masing pribadi dalam menanggapinya. Saya teringat akan nasihat Ust. Jejen dulu ketika kita SMA. Ada sebuah garis horizontal. Dan ada 2 buah titik, yang satu titik berada di atas garis , dan satu titik lagi ada di bawah garis.
Pertanyaan nya adalah , apakah kamu akan meningkatkan kelebihan yang sudah ada ataukah memperbaiki kelemahan kamu ?
Dan beliau pun lebih menyarankan untuk meningkatkan garis , sebab ketika garis kita tingkatkan maka dia akan lebih menjauhi garis horizontal dan posisi dia akan lebih tinggi dari sebelumnya, beda hal nya ketika kita memperbaiki garis yang ada di bawah garis horizontal , jika kita berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkannya paling tinggi garis tersebut akan mencapai garis horizontal. Artinya ketika kelebihan kita terus asah dan terus ditingkatkan maka kelebihan kita itu lah yang akan menonjolkan diri kita, karenanya kita akan mempunyai kelebihan  diatas rata2 orang. Beda hal nya ketika kelemahan kita perbaiki, paling maksimal kelemhan tersebut akan mencapai garis rata2 orang. Disini lah pilihan kita, apakah kita ingin menjadi orang yang rata2 atau biasa saja dengan kemampuan yang biasa ataukah ingin menjadi orang yang tidak biasa yang mempunyai kelebihan di atas rata2.

Dan masih ada beberapa hasil perbincangan lagi dengan Alif, tapi untuk saat ini cukup ini saja. Dan sisanya akan disambung lgi...

To Be Continued.......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Rizky Bachrudin S.I.Kom

Kamis 27 Agustus 2014, ya hari ini merupakan hari wisuda salah satu sahabat SMA saya. Rizky Bachrudin S.I.Kom Selamat untuk Rizky Bachrudin yang di wisuda hari ini untuk jenjang strata satu nya, dan berhak menyandang gelar sarjana . Rizky Bachrudin S.I.Kom , penambahan gelar telah disandangkan dibelakang nama nya. ( Photoshoot di Jonas Photo Studio Ciwalk ) Beberapa sahabat yang lainnya yang datang ke hari yang bersejarah untuk obe ini selain saya adalah : alip, alpi, panjul, hapji, ipong, haroki, riri, amie, aisyah, septi, rina, tresna, dan shani. Sebelumnya obe mengundang untuk acara photoshoot di Jonas Photo Studio di Ciwalk (Cihampelas Wak).  Dimana obe dan keluarganya serta kita sahabat-sahabat nya melakukan seksi foto-foto untuk kenangan kita semua. Foto-foto dilakukan sebelum obe pergi ke Unpad yang ada di DU untuk di wsuda. Setelah itu, barulah obe pergi untuk melakukan prosesi wisudanya. Sedangkan kita menyusul siangnya , yang akan memanfaatkan waktu di

Receptionist

Halo  .... Gmn gmn nih , masih pada belum move kan yah , hahaha emang sih gmpang ngmongnya tapi ngelakuinnya susah banget , wkkw Eitsss,,, Tapi skrg gua lgi gk mau bahas tentang masalah perMOVEONan yah .. Gua mau sedikit cerita pas waktu gua jadi Reseptionist di Ibis Budget Jakarta Daan Mogot (IBJDM). Oke langsung aja yah , Jadi dari dulu tuh salah satu pekerjaan yang gua pengen itu ya salah satu nya jadi Reseptionis di hotel. Cuma , dari semenjak tragedi Grand Bluwave Hotel Shah Alam , gua memutuskan utk enggak kerja di Hotel . Why .... nnti gua bakalan cerita di lain waktu yah . Setelah sekian lama , akhirnya gua bisa jga jadi reseptionis di hotel . Kenapa sih akhirnya gua mau memutuskan untuk ngelamar di dunia perhotelan lgi ? Jadi dikarenakan banyak sebab yang akhirnya SID gua jelek , so gua udh gk bisa lgi ngelamar di dunia finance dan perbankan . Soalnya , lu klo mau kerja di perbankan pasti bkalan di cek SID . Nah , skrg kan SID gua udh jelek , mak

kAta G4L4XTERzZ Ane nTu orAng'y.......

+ piNtEr FisikA, LincaH, SukA danGduT, lArinyA cepet, pAling hebOh (dulU mAh)... - lebAi, cengenG (duLu mAh), sukA cerewEt nDiri, lebai, jAyuZ, kLO nge-drOp jAdi dieM... + jAgo fisikA, jAgo dangduT, daN metropolis deh,... - jAyuz, mAksa, lebAi kLo sediH... +bAiK, carE Ama temeN, jAyuz, sukA nyApa temeN,lUcu... - kdG exaggEratE, gAx jelAs, perasa... +   jAgO fisikA, rAmaH, carE Ama temEn, tAu sikOn, lucu, teteP jAdi QQ yAng Ana kenAl... - AbstRaK, gAx jelAs, lebAi... +Lu mAyan bisA jAdi pemimpiN yANg bAiK, suAra'y bAgUs juGA... - cepEt emosiAn, sukA gAx jelAs ceritA'y... +PeduLi, Ana salUt Anta biSa mAsaK, jAgO fisikA... - klo ngAmbeK...sereM jugA, ceroBoh (contOh : di kliNik) +pInter fIsikA... - gAmpAng tersungginG...eh...tersingguNg, cereWeT... + lUcu, rAme, jAyuz, serU, terbukA, pintEr fisikA... - kLo lG BT keciri bAnget, kurAng berambisI/berusaha u/ mEncapai tArgeT, hArus lebiH tegAs +bijAk lAgi yAh...siip...! + rAjA dAngdUt, sUpeL, rAmaH, ceriA... - cereWeT, jAyuz, lebAi bA